Rabu, 14 November 2018

Sistem Informasi Perhitungan Klaim Asuransi PT. Asuransi Bangun Askrida Cabang Jember


Assalamualaikum Wr. Wb


Hallo.. Apa kabar sobat ? Hari ini saya akan membahas tentang Sistem Informasi Perhitungan Klaim

Asuransi di PT. Asuransi bangun Askrida Cabang Jember. Sistem Informasi Perhitungan Klaim Asuransi ini merupakan aplikasi berbasis web yang digunakan untuk membantu pihak asuransi dalam melakukan perhitungan jumlah uang pertanggungan yang akan diberikan kepada nasabah yang melakukan klaim asuransi.

Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemograman PHP dan database MySql. Untuk cara mengakses databasenya menggunakan MySQL Extension dan konsep pemrogramannya menggunakan konsep pemrograman berorientasi objek (object oriented style). Desain tampilan aplikasi ini menggunakan CSS Bootstrap. Untuk cetak laporan dibuat dalam format PDF menggunakan library html2pdf.

Ada 3 pengguna yang dapat menggunakan aplikasi ini, yaitu Nasabah, Admin Bank dan Admin Asuransi. Nasabahdapat mengakses informasi seperti informasi tentang asuransi, persyaratan, prosedur dan hasil perhitungan klaim dari aplikasi ini tanpa harus login terlebih dahulu. Admin Bank bertugas untuk menginputkan data nasabah yang melakukan klaim dan mengirimkan berkas ke pihak asuransi. Admin Asuransi akan melakukan perhitungan klaim nasabah sesuai dengan yang diinputkan pihak bank. Setelah dilakukan perhitungan Admin Asuransi dapat mencetak laporan dan hasil perhitungan dapat dilihat oleh pihak bank dan nasabah.

Berikut fitur-fitur yang tersedia dalam Sistem Informasi Perhitungan Klaim Asuransi ini.

1. Tentang Asuransi

Halaman yang berisi informasi tentang asuransi.

2. Persyaratan
Halaman yang berisi informasi persyaratan klaim.
3. Prosedur
Halaman yang berisi informasi prosedur klaim.
4. Login
Halaman login multi user. terdapat 2 user yaitu Admin Bank dan Admin Asuransi.
5. Data Nasabah Klaim
Halaman untuk pengolahan data nasabah yang melakukan klaim. Data nasabah yang melakukan klaim akan diinputkan oleh Admin Bank. Sedangkan Admin Asuransi hanya dapat melihat data yang telah diinputkan oleh pihak bank.


6. Data Rekening Koran
Halaman untuk pengolahan data rekening koran nasabah yang melakukan klaim. Data transaksi nasabah pada 90 hari sebelum meninggal diinputkan oleh Admin Asuransi, data ini digunakan untuk melakukan perhitungan jumlah uang pertanggungan.


7. Perhitungan Klaim
Halaman untuk melakukan perhitungan klaim. Perhitungan dilakukan oleh Admin Asuransi berdasarkan data nasabah dan data rekening koran yang sudah diinputkan sebelumnya. Perhitungan dilakukan permasing-masing nasabah.


8. Laporan Klaim
Halaman untuk mencetak laporan hasil perhitungan klaim. Bisa cetak per nasabah untuk mengetahui jumlah uang pertanggungan yang diperoleh masing-masing nasabah, dan bisa cetak per bulan untuk mengetahui jumlah nasabah yang melakukan klaim dan mengetahui jumlah uang pertanggungan yang telah dikeluarkan. Cetak laporan per bulan dan per nasabah bisa dilakukan Admin Bank dan Admin Asuransi. Sedangkan nasabah hanya bisa melihat dan mencetak hasil perhitungan klaim masing-masing nasabah.


9. Ubah Password
Halaman untuk mengubah password user.

10. Halaman Depan / Beranda
User / yang bersangkutan bisa melihat perhitungan klaim asuransi dengan hanya memasukkan No. KTP yang sudah terdaftar.


Demikian lah penjelasan tentang Sistem Informasi Perhitungan Klaim Asuransi. Aplikasi ini bisa teman-teman pelajari dan jadikan sebagai referensi Skripsi atau Tugas Akhir.
Jika teman-teman tertarik untuk mempelajari aplikasi ini, silahkan download DISINI



Tidak ada komentar:

Posting Komentar